Cara Menulis Travel Journal untuk Mencatat Jurnal Perjalanan Kamu

Cara Menulis Travel Journal untuk Mencatat Jurnal Perjalanan Kamu

Kalo ditanya soal hobi, kebanyak orang pasti jawabnya jalan-jalan. Jalan-jalan bisa bikin kita keluar dari zona nyaman dan eksplor tempat-tempat baru, tradisi, budaya, dan dapet pengalaman berharga yang nggak ternilai! Jalan-jalan juga bisa buat liburan, urusan bisnis, petualangan, acara-acara seru, dan lain-lain.

Jadi, Travel Journal itu apa sih?

Nah, travel journal tuh bantu kamu nulis dan dokumentasiin pengalaman yang kamu dapet pas jalan-jalan. Kamu bisa nulis deskripsi tempat yang udah kamu kunjungin, daftar rencana perjalananmu, foto-foto yang kamu ambil pas trip, bahkan rekaman suara yang kamu bikin. Travel journal tuh salah satu jenis jurnal yang paling populer, nih!

Kenapa sih nulis jurnal pas jalan-jalan?


Biar lebih banyak hal yang kamu temuin dan pelajari

Jalan-jalan itu seringnya bikin kita dapet pengalaman dan temuan baru. Dengan nulis pengalamanmu, kamu bakal lebih paham sama sekitarmu, bisa merenung dan inget-inget lagi temuan-temuanmu pas perjalanan.

Biar kenangan jalan-jalan nggak lupa

Nulis perjalananmu pake journal online di Terpendam bisa bantu kamu inget aktivitas dan hal-hal yang udah kamu lakuin pas jalan-jalan. Pas mencatat pengalaman perjalanan, travel journal juga bisa ingetin kamu tentang alasan dan tujuan jalan-jalanmu.

Bikin jurnal jalan-jalan bersama temen

Bikin jurnal bareng sama temen bisa bikin rasa persatuan antara kamu dan mereka makin kuat. Dengan bikin jurnal bareng temen bikin kamu lebih gampang berkomitmen buat ngerekam pengalaman lengkap selama perjalanan.


Cara Bikin Travel Journal yang Asik: 3 Tips Keren Buat Mulai

Pengen banget nulis travel journal pertamamu pas perjalanan berikutnya? Nggak perlu harus di luar negeri buat nulis travel journal pertamamu. Kamu bisa mulai nulis tentang tempat-tempat yang pengen kamu kunjungin sekarang!

Pake jurnalmu buat rencanain perjalananmu

Nggak perlu harus di negara yang bakal kamu kunjungin buat mulai jurnal pertamamu. Travel journal bisa digunakan buat merencanakan perjalanan yang akan datang juga, lho. Di jurnalmu, tambahin tempat-tempat yang pengen kamu kunjungin, diikuti dengan rencana perjalanan, tur, dan lain-lain di travel wishlistmu!

Ceritain harapanmu buat liburan ini

Sebelum kamu jejakkan kaki di kota pertama, tulislah harapanmu tentang perjalanan di jurnal. Dengan ngelist harapan-harapanmu tentang gimana liburan bakal seru, bisa bikin semangat sebelum berangkat makin tinggi dan bikin rasanya kayak liburan udah mulai. Pas liburan selesai, kamu bisa bandingin harapan yang kamu tulis di jurnal sama pengalaman yang udah kamu dapetin.

Tulis refleksi perjalanan setelah liburan

Nulis jurnal refleksi tentang perjalananmu itu bermanfaat banget, soalnya bisa jadi cara bagus buat ngulangin apa yang udah kamu pelajari tentang orang-orang yang bareng dengan kamu, dirimu sendiri, dan juga perjalanan pada umumnya. Ini sesuatu yang kita sarankan buat kamu lakuin setelah acara, liburan, atau kegiatan tertentu, soalnya bisa bantu kamu dapet wawasan lebih banyak dan terapinnya buat liburan di masa depan.

Ide-ide Travel Journal yang bikin kamu semangat dan termotivasi

Bingung mau nulis apa di halaman pertama travel journal baru kamu?

Coba intip beberapa saran untuk memulai jurnal perjalananmu!

Ide sebelum berangkat

  • Kenapa kamu pergi?
  • Tempat-tempat apa yang paling membuatmu semangat pengen dikunjungi?
  • Apa harapanmu untuk perjalanan ini?

Ide setelah liburan

  • Ceritain tentang orang-orang yang udah kamu kenal selama perjalanan.
  • Ceritain tentang makanan yang kamu coba.
  • Apa yang paling kamu suka/nggak suka dari perjalanan ini, dan kenapa?
  • Buat refleksi dan cerita tentang pengalamanmu sepanjang hari.
  • Ada hal apa yang pengen kamu lakuin lagi waktu kamu ke sana lagi?
  • Gimana rekomendasimu tentang perjalanan ini buat teman-teman dan keluargamu?
  • Nulis panduan wisata buat teman kamu!
  • Tujuan selanjutnya yang pengen kamu kunjungin selanjutnya.